Palang Merah Remaja

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan wadah kegiatan dan pengembangan remaja di sekolah (tingkat SD, SMP, SMA atau yang sederajat) serta lembaga pendidikan formal dalam kepalangmerahan melalui program ekstrakurikuler.

Saat ini sebanyak 75 persen sekolah menengah (SMP, SMA) di Kota Surakarta sudah memiliki satuan unit PMR. Semantara untuk PMR di tingkat SD, setidaknya sudah ada 30 persen SD di Kota Surakarta yang memilikinya. Pihak PMI berharap dan mengusahakan agar ke depan seluruh sekolah di Kota Surakarta dapat memiliki unit kegiatan PMR.

Anggota PMR di Kota Surakarta

165+

PMR Mula

799+

PMR Madya

1891+

PMR Wira

Keterlibatan anggota PMR dalam berbagai kegiatan kepalangmerahan merupakan karya dan bakti nyata setelah mengikuti pelatihan serta pengakuan terhadap keberadaan dan kompetensi dalam meningkatkan kualitas anggota dan organisasi, dan juga memberikan jawaban atas berbagai minat bergabungnya remaja dengan PMI. Ada pun isi dari Tri Bhakti PMI adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat
  2. Berkarya dan berbakti di masyarakat
  3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional

Dalam   kegiatan   ekstrakurikuler   PMI   ini,   para   pelajar dibina untuk dapat keluar dari zona pendidikan formal. Mereka dilatih  untuk  berorganisasi,  mengetahui  tujuan  hidup,  serta peduli terhadap sesama. Ini merupakan salah satu usaha untuk membangun karakter para remaja agar cepat tanggap terhadap situasi yang terjadi di sekitarnya. Pembimbing ekstrakurikuler PMR di sekolah-sekolah di Kota Surakarta bisa berasal dari kalangan guru yang telah mendapat pelatihan  khusus  dari  PMI  Surakarta.  Jika  tidak  ada,  maka pihak sekolah dapat mengajukan permohonan Pembina PMR kepada PMI Surakarta. Para anggota KSR dari perguruan tinggi dapat ditugasnya untuk menggantikan guru menjadi pembina ekstrakurikuler PMR di sekolah-sekolah. Tentunya anggota KSR tersebut sebelumnya juga telah mendapat pelatihan khusus dari PMI  Surakarta.  Pelatihan yang  diberikan  kepada  anggota  PMR merupakan pelatihan pertolongan pertama serta hal-hal dasar tentang kepalangmerahan.

Scroll to Top