Gelandangan Psikotik Tanggung Jawab Siapa?

Apakah kita pernah bepikir dari dasar hati yang paling dalam, ber­pi­ki­ran, siapa mereka? Saudara siapa me­reka? Anak siapa mereka? Dimana ke­luarganya? Atau, siapakah yang mem­per­hatikan mereka bila mereka ke­la­pa­ran ataupun sakit? Jarang atau malah tidak sama se­kali ada pikiran yang seperti itu, ma­lah kita akan berpikir bagaimana me­ngusir “orang gila” tersebut agar jau­h dari pandangan kita dan tidak meng­ganggu aktifitas kita sehari-hari.

GRIYA PMI PEDULI

PMI Kota Surakarta membuat sebuah program mulia yang didekasikan sepenuhnya untuk gelandangan psikotik. Griya PMI Peduli terdengar masih awam untuk sebagian orang. Ini merupakan program kemanusian yang telah dilaksanakan oleh PMI Kota Surakarta.

Griya PMI Peduli merupakan tempat yang digunakan untuk menampung orang-orang telantar dengan kondisi gangguan jiwa atau psikotik (kelainan jiwa yang disertai dengan disintegrasi kepribadian dan gangguan kontak dengan kenyataan). Orang-orang telantar dengan kondisi seperti ini, baik muda maupun tua, dapat ditampung di Griya PMI Peduli.

PMI Surakarta merupakan satu-satunya unit PMI di Indonesia yang memiliki program Griya PMI untuk menampung orang-orang yang telantar

SEJARAH GRIYA PMI PEDULI

Terinspirasi dari Jami’in seorang tukang batu di Jombang yang dengan jiwa kemanusiaannya menampung dan mengurusi lebih dari 200 orang gila, PMI Berangkat dari niat untuk lebih meringankan penderitaan sesama mencontoh apa yang dilakukan Pak Jami’in dengan mendirikan Griya PMI Peduli.

Mulai beroperasi bulan maret 2012 dengan SDM sebanyak 20 orang dan sampai saat ini Griya PMI Peduli sudah merawat sebanyak 843 warga (sebutan pasien di Griya PMI Peduli).

Dari sejumlah itu ada yang sembuh dan ingat dirinya maka dikembalikan ke keluarganya dan ada juga yang meninggal. Saat ini Griya PMI Peduli merawat 120 Warga, jumlah ini dapat terus meningkat setiap harinya.

PENDANAAN GRIYA PMI

Sejak tahun 1998 PMI Kota Surakarta tidak mengadakan bulan dana, untuk mencari dana PMI mengadakan berbagai kegiatan dan berharap pada Dermawan yang mau menyumbangkan hartanya secara sukarela untuk berbagai kegiatan PMI salah satunya untuk Griya PMI Peduli. Kegiatan penggalangan dana akan berlangsung terus menerus dengan mensosialisasikan ke masyarakat, instansi/perusahaan di Kota Surakarta dan Sekitarnya. Dana yang terhimpun secara sukarela dari masyarakat digunakan untuk mengelola dan merawat orang dengan gangguan jiwa dan lansia yang terlantar

Scroll to Top