6.000 Titik di Kota Solo Rawan Kebakaran, Lions Club Donasi Truk Tangki Melalui PMI Solo

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta atau PMI Solo menambah armada 1 truk tangki hasil donasi dari LIONS Club Solo Bengawan dan CV. Wijaya Baru melalui  Metta Media 28/05/2022 sabtu pagi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kasus kebakaran di kota solo terjadi peningkatan dan ketersediaan armada pemadam kebakaran belum dikatakan ideal atau cukup untuk menangani kasus kebakaran di kota solo. Melansir dari kompas.com, Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Sutarja menyampaikan bahwa ada 6.000 titik rawan kebakaran di kota solo dan kasus kebakaran yang terjadi di kota Solo selama ini sebagian besar disebabkan karena kelalaian dan penggunaan listrik yang tinggi.

Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto menyampaikan bahwa kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak terus kami upayakan untuk kemajuan kota solo dan sekaligus dalam rangka meningkatkan komunikasi antar lembaga agar laporan atau pun aduan masyarakat dapat secara cepat direspon dan ditindaklanjuti.

Saat ini PMI Solo total mempunyai 4 armada truk tangki, yang salah satu fungsinya bisa digunakan untuk memasok air saat tanggap darurat bencana kebakaran, sehingga petugas Damkar dan mobil pemadam kebakaran dapat secara fokus memadamkan api dan dengan begitu harapan kami api dapat dipadamkan secara cepat dan tepat, ucap Martono.

Ribuan potensi rawan kebakaran itu meliputi tempat usaha katering, warung makan, dan permukiman dengan penggunaan listrik yang tinggi, untuk itu melalui Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang telah tersebar di seluruh kelurahan di kota solo kami juga turut bantu dalam mensosialisasikan, memberikan pelatihan serta simulasi pemadaman ringan, tambahnya.

Pungkasnya, Martono berharap bahwa semoga tidak ada kasus kebakaran lagi dikota solo, dengan kedua upaya tadi semoga dapat meminimalisir kemungkinan terjadi kebakaran, jika terjadi kebakaran pun semoga dapat dipadamkan secara cepat dan tepat.

Presiden LIONS Club Solo Bengawan, Budi Utomo berharap kedepannya dengan adanya tambahan armada truk tangki ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat solo dan sekitarnya. “Inilah fungsi LIONS Club Solo Bengawan, menebar manfaat bagi masyarakat. Melalui donasi truk tangki ini, semoga LIONS Club Solo Bengawan dan PMI Kota Surakarta bisa terus menjalin kerjasama yang bermanfaat bagi masyarakat”.

Kerjasama antara LIONS Club Solo Bengawan dan PMI Kota Surakarta ini bukanlah kali pertama, sebelumnya LIONS Club dan PMI Kota Surakarta telah bekerjasama mendirikan Klinik Hemodialisa PMI Kota Surakarta dan juga armada ambulance VIP PMI Kota Surakarta.

Teddy Wijaya selaku Pimpinan sekaligus pemilik CV. Wijaya Baru Karoseri mengaku senang bisa turut andil dalam aksi kemanusiaan ini. “Jujur, ini sebuah kebanggaan bagi kami dapat menjadi bagian dari aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh LIONS Club Solo Bengawan dan PMI Kota Surakarta. Semoga kerjasama ini bisa membawa manfaat bagi kita semua dan seluruh masyarakat Kota Surakarta khususnya”.

Dengan adanya bantuan ini, mampu memberi inspirasi bagi instansi lain yang ingin bergerak bersama di ladang amal PMI Kota Surakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

11 + sixteen =

Scroll to Top